Pekerjaan

Di Ruang Desain, tidak ada karyawan yang bekerja karena listrik padam. Kurniawan membuka jendela ruangan lebar-lebar agar ruangan menjadi terang, lalu duduk di mejanya, mengambil pinsil dan kertas, dan mulai menggambar. Ia memang hobi menggambar, dan ia suka menggambar sketsa cewek dengan style komik Jepang. Tetapi karena pada dasarnya ia seorang seniman 3D yang sehari-harinya selalu membuat desain bangunan, maka semua sketsa pinsil yang digambarnya selalu berakhir menjadi gambar sebuah bangunan. Kali ini pun, coretan-coretan yang dibuatnya membentuk gambar sebuah bangunan, padahal pada awalnya ia ingin menggambar seorang gadis berpakaian kimono. Kurniawan lalu mengambil asumsi bahwa di dalam bangunan yang digambarnya itu tinggal seorang cewek Jepang, dan meneruskan gambar bangunannya dengan asyiknya.

Juliarti dan Aliwati ngobrol berdua sambil menikmati snack. Mereka sedang bermain tebak-tebakan.

Juliarti berkata pada Aliwati, “Lo bisa nebak pekerjaan orang?”

“Pekerjaan apa?”, tanya Aliwati.

“Lo bisa nebak pekerjaan orang-orang ini, komposer, joker, psikiater, biker, sama rocker.”

Aliwati menjawab, “Kalo komposer, pekerjaannya menciptakan musik.
Kalo joker, pekerjaannya melawak.
Kalo psikiater, pekerjaannya menganalisa jiwa orang.
Kalo biker, pekerjaannya pengendara motor.
Kalo rocker, pekerjaannya penyanyi rock.
Gimana, bener?”

“Nggak ada satu pun yang bener.”, kata Juliarti.

“Kok nggak ada yang bener? Jadi apa pekerjaannya?”

Juliarti menjawab, “Komposer itu orang yang kerjanya ngumpulin kompos, pupuk dari kandang hewan.
Kalo joker itu orang yang kerjanya membuat jok mobil.
Kalo psikiater itu orang yang kerjanya memberi kiat-kiat untuk PSSI.
Kalo biker itu orang yang kerjanya membuat kue bika, segala macam bika. Ya bika ambon, bika pandan, bika kelapa, semuanya dia buat.
Kalo rocker itu orang yang kerjanya menjahit rok, penjahit spesialis rok, gitu loh.”

“Curang amat sih teka-teki lo.”, kata Aliwati.

“Biarin.”

“Sekarang lo tebak, supir apa yang sering kurang makan?”, tanya Aliwati

“Supir angkot.”, jawab Juliarti.

“Salah.”

“Supir melarat.”

“Salah.”

“Jadi supir apa, dong?”

“Supiring berdua.”, jawab Aliwati.

Juliarti berkata, “Lo tau, pembalap apa yang paling tua?”

“Michael Schumacher.”, jawab Aliwati.

“Salah.”

“Pembalapnya jaman dulu apa jaman sekarang?”, tanya Aliwati.

“Pembalapnya tahun 70-an.”, jawab Juliarti.

“Mana gue taaaau. Taonnya taon bangkotan.”

Juliarti berkata, “Berarti lo nyerah… Jawabnya Pembalapan Si Pitung.”

“Itu kan, judul film.”, kata Aliwati.

“Emang. Yang penting tahun 70-an.”, sahut Juliarti.

Aliwati berkata, “Sekarang gue, kuli apa yang nggak disukai banyak wanita?”

“Kuli bau.”, jawab Juliarti.

“Salah.”

“Kuli kampungan.”

“Salah.”

“Jadi kuli apa?”, tanya Juliarti.

“Kuligami.”, jawab Aliwati. “Itu loh, punya istri lebih dari satu.”

“Lo tau loper?”, balas Juliarti, “itu loh yang suka nganterin koran. Loper apa yang suka membantah?”

“Loper bandel.”

“Salah.”

”Loper pemalas.”

“Salah.”

”Jadi loper apa?”

“Lopergi ke dapur sebentar, buatin gue teh manis! Ayo cepetan!”

“Enak aja lo!”

“Nah, tuh kan? Membantah, kan?”

Advertisements

5 thoughts on “Pekerjaan

  1. wkkk….
    kucing koq gak pernah kehabisan ide ya? tiap hari makanannya apa sih? batre ya? yang alkaline?

    –> kak atik ngga ada jual batre di warungnya… 🙂
    jadi tiap hati makannya nasi goreng ayam krupuk… 🙂

  2. Xixixi..
    Tuh orang be2 koq hobbynya tebak2an mlulu sich? 😆
    Btw,pus liburnya hari pa?
    Koq kayaknya Aransia g pernah libur yah? *apa cuman perasaan ja yah? 😛 *

    –> novelnya sih ngga libur, bakal dibuat cerita baru tiap hari, jadi terus-terusan update.

  3. 😆 tebak2annya sebenarnya crispy banget, tapi kok gw tetep ketawa yah (minimal senyum lah)

    –> huaaa… ceritanya dibilang crispy… 😥

  4. Bukan ceritanya kucing sayang…tapi jokesnya…eh tapi inti ceritanya jokesnya yah? maaf atuh…cup cup jangan nangis…abis plesetannya agak jauh sich…

    –> iya, mba Iin, soalnya di sini licin banget…
    jadi keplesetannya jauh banget…
    🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s