Upgrade Server

“Saputra, pelayan yang baru udah dipasang. Mulai sekarang, semua tukang hitung di kantor harus diganti indeks prestasinya supaya tidak ada konflik. Punya lu indeks prestasinya 192.168.1.4. Lu ganti ya, gue mau perbaiki ruang kelas.”

“Wah, udah pake pelayan baru kita sekarang. Kenceng nggak?”

“Kenceng. Namanya juga pelayan baru. Emang dibuat cocok untuk barang lembut yang lari-lari di tanah belakang. Papan emak-emaknya aja angkotnya satu giga.”

“Oke, ntar gue ganti. Tunggu yang ini siap dulu.”

“Lu lagi ngapain?”

“Lagi bakar-bakar piring. Piring keras gue udah hampir penuh. Gue lagi mindahin sebagian isinya ke piring kosong.”

Dialog di atas, terjadi di Ruang Programmer. Karena komputer server yang kemarin bermasalah, kini di Ruang Programmer sudah terpasang komputer server yang baru. Baru tadi malam dipasang oleh Rizal dan Taufik, sehingga Saputra belum mengetahuinya.

Komputer server itulah yang dimaksudkan Taufik dengan istilah ‘pelayan baru’. Sementara ‘tukang hitung’ adalah istilah Taufik untuk komputer. ‘Indeks prestasi’ sebenarnya adalah IP, atau Internet Protocol. Setiap komputer yang terhubung dengan network harus mempunyai IP. Dalam sebuah network, tidak boleh ada dua komputer yang mempunyai IP yang sama, karena akan mengakibatkan konflik. Karena itu setiap komputer harus ditentukan dulu nomor IP-nya, boleh secara manual, boleh juga secara otomatis. Kalau sudah terhubung dengan network, data-data yang ada di komputer tersebut dapat diakses oleh komputer lain secara langsung.

Seperti yang ingin dilakukan Taufik saat ini. Dia ingin mengedit class dari program game yang sedang mereka buat, yang ada di komputer Saputra. Class adalah sub program, atau kumpulan baris program dalam lingkup yang terbatas dan lebih kecil. Setiap program yang kompleks, termasuk program game, selalu mempunyai beberapa tingkatan class. Di dalam game, ada class untuk karakter, ada class untuk item atau benda-benda, ada class untuk kendaraan atau ship, dan lain-lain. Taufik menyebut class ini dengan ‘ruang kelas’.

Komputer server mereka yang baru ini adalah komputer dengan teknologi terbaru, karena itu spesifikasinya sudah tinggi. Dibuat khusus agar dapat menjalankan aplikasi software secara background dengan lebih cepat, sebagaimana komputer server pada umumnya. Taufik mengistilahkan software dengan ‘barang lembut’. Sedangkan ‘running on background’ disebutnya dengan ‘lari-lari di tanah belakang’.

Selain kekuatan processor, kekuatan sebuah komputer ditentukan juga oleh kekuatan motherboardnya. Taufik menyebut motherboard dengan ‘papan emak-emak’. Sedangkan kekuatan sebuah motherboard salah satunya ditentukan oleh FSB-nya (Front Side Bus) yang sering disebut dengan ‘bus’. Taufik mengganti istilah ‘bus’ dengan ‘angkot’. Untuk ukuran zaman sekarang, FSB sebesar 1 GigaHertz sudah cukup kencang untuk sebuah motherboard.

Data dalam komputer disimpan dalam harddisk, yang oleh Saputra disebut dengan piring keras. Selain disimpan dalam harddisk, bisa juga disimpan dalam CD, sebagai cadangan atau backup. Saputra menyebut CD blank dengan istilah piring kosong. Untuk menyalin data ke CD, prosesnya disebut burning. Saputra mengistilahkannya dengan bakar piring. Setelah datanya dipindahkan ke CD, kini harddisk Saputra tidak penuh lagi.

Neneng, yang kebetulan sedang menyajikan gelas minuman untuk Taufik dan Saputra, tidak mengerti sama sekali dengan dialog mereka. Setelah menyelesaikan pekerjaannya, ia buru-buru pergi sambil membayangkan yang tidak-tidak tentang ‘papan emak-emak’ dan ‘barang lembut yang lari-lari di tanah belakang’.


Advertisements

6 thoughts on “Upgrade Server

  1. Wekekekekekek…. 😆
    Kasian tuh si Neneng…

    Untung ja g ngomong :

    Kemaren gw nancepin joystik gw di port belakang server. Ternyata joystik gw langsung plug and play, jd g perlu driver tambahan

    Ntar nyambungnya :

    Kemaren gw nancepin tongkat nikmat gw di lubang belakang pelayan. Ternyata tongkat gw langsung tancap dan main, jd g perlu supir tambahan

    –> hehehe…. 🙂
    iyah tuh, emang bahasa Inggrisnya IT tuh amat berbahaya untuk diterjemahkan apa adanya…

  2. lama-lama jadi penasaran nih, semua yang kucing ceritain itu bener gak ya kejadian? kayaknya kalau bener musti konsul RS j**a di tali air tuh sekantor.

    –> looh, ini kan category-nya cerita suka-suka, mbak? jadi bikin ceritanya suka-suka ajah. 😀
    ** sambil nyari tali air di google **

  3. gak usah googling, cing. tali air itu: kalau kamu jalan dari p. bulan ke arah tuntung**, maka tali air itu lewat simaling*** dikit, trus belok kiri. kan ada rumah sakit tuh, yang tiap 17 agustus banyak perlombaan konyol-konyol. alaah, kamu taulah… *mengenang masa lalu rawat inap di situ*

    –> wakakaka…. ngga sanggup, deh… ngebayangin mbak dulu rawat inap di situ… 😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s