Hari-hari Penuh Kegiatan (Bagian 7)

[Ruang Teknisi]

Di Ruang Teknisi yang cukup luas, Rizal sedang membetulkan sebuah komputer yang rusak. Tadinya komputer yang rusak ini dipasang di Ruang Test dan selalu dipakai bermain game oleh para karyawan dan para game-tester. Kini komputer tersebut berada di Ruang Teknisi untuk diperbaiki.

Rizal menemukan bahwa komputer yang dihadapinya hanya mengalami kerusakan pada keyboard. Tombol panahnya rusak berat, mungkin akibat dipakai main game balap oleh Heru. Masalahnya adalah, tidak ada keyboard lain yang bisa dipakai sebagai pengganti, dan juga kerusakannya cukup parah dan tidak bisa diatasi hanya dengan mengganti tuts.

Rizal memusatkan pikirannya dan mencoba mencari-cari solusi alternatif yang paling baik. Bagaikan MacGyver, tokoh film yang pandai memanfaatkan barang-barang bekas, Rizal menatap barang-barang yang bertumpuk-tumpuk di sekelilingnya sambil mengamati apabila ada barang yang bisa dipakai. Barang-barang berbagai jenis tersebar memenuhi lantai dan rak-rak, bahkan barang-barang yang tidak ada hubungannya dengan komputer atau konsol game. Ada hairdryer yang rusak bekas dipakai nenek Anto, tutup panci Bi Saujah, sikat gigi elektrik kepunyaan Nia, jari-jari sepeda kepunyaan Heru, bahkan ada kereta bayi yang rusak yang entah dari mana datangnya bisa sampai nyasar ke ruangan itu.

Akhirnya Rizal melihat sesuatu teronggok di kolong rak. Ia memungutnya. Ternyata sebuah tongkat joystick seperti yang biasa dipakai pada mesin arcade atau ding dong. Ia pun mendapat ide untuk memakai tongkat joystick tersebut. Dengan sedikit alat tambahan dan penyangga, joystick itu dapat dipasang di keyboard menggantikan tombol panah. Maka mulailah ia bekerja dengan solder dan obengnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s