Hari-hari Penuh Kegiatan (Bagian 4)

[Front Office]

Di ruang depan, Nia seorang diri menangani urusan front office perusahaan Aransia. Nia selalu bersikeras menyebut ruangannya sebagai lobby agar terdengar lebih keren, tetapi para karyawan Aransia selalu menyebut ruangannya sebagai ruang depan. Di ruangan ini, Nia melayani berbagai macam orang yang mengunjungi kantor Aransia, mulai dari melayani tamu yang datang untuk urusan bisnis, hingga melayani sekumpulan anak kecil yang kesasar sewaktu mengejar layangan. Di samping itu Nia juga membantu Hendra dalam urusan marketing.

Saat ini, Nia sedang asyik dengan komputernya. Dia sendirian saja di ruang depan. Sebuah balon, yang dibelinya kemarin bersama Fauziah, bertengger di atas mejanya. Ia sedang memeriksa website perusahaan mereka, yang menjadi salah satu sarana mempromosikan game mereka.

Beberapa hari yang lalu, dalam website itu, Nia telah meminta para pengunjung website untuk menuliskan testimonial mereka, atau kata-kata pujian, tentang game-game produksi Aransia. Testimonial biasa dipakai dalam website-website di internet untuk mempromosikan atau menonjolkan kelebihan-kelebihan suatu produk atau jasa. Beberapa testimonial telah masuk, antara lain :

“Saya telah membeli beberapa game produksi Aransia baik yang versi PC maupun PS2. Dapat saya katakan semuanya baik kualitasnya dan amat menarik untuk dimainkan. Saat ini semuanya terpajang di atas kabinet saya dalam kondisi baik dan mengkilap. Semuanya dalam kondisi baru karena belum ada yang dimainkan sekali pun.”, ditulis oleh Budiman, karyawan swasta.

“Saya membeli game ‘Semut Keinjek’ buatan Aransia untuk adik saya. Sejak adik saya rajin memainkan game tersebut, kini adik saya sudah tidak rewel lagi, jadi penurut dan tidak bandel lagi. Tapi ada satu masalah yang mengganggu. Kini adik saya dalam tidurnya tiap malam mengigau menjerit-jerit takut sama kaki.”, ditulis oleh Putri Sufia, karyawati bank swasta.

“Sejak saya memainkan game buatan Aransia, berat badan saya menjadi normal, peredaran darah menjadi lancar, kolestrol berkurang, tekanan darah normal, reumatik berkurang, dan juga lancar buang air besar. Bagus sekali. Kebetulan saya membelinya waktu itu bersamaan dengan mulainya saya ikut terapi kesehatan.”, ditulis oleh Dian Hariani, wiraswasta.

“Sejak saya membeli game ‘Tikus Gondrong’ buatan Aransia di Mall, saya menjadi penasaran, hati berdebar-debar, pikiran gelisah, makan tak enak, dan tidur tak nyenyak. Sebenarnya bukan karena gamenya tetapi karena teringat pada cewek penjaga toko game di Mall tersebut.”, ditulis oleh Gunawan, mahasiswa.

Walaupun tidak ada satu pun testimonial yang tepat sasaran, tapi paling tidak halaman testimonial berisi banyak entri dan tidak terlihat kosong. Nia kini membuka halaman forum di website perusahaan. Halaman forum adalah ajang diskusi dan tempat berkumpulnya para pengunjung website dan fans game-game Aransia. Nia membaca salah satu thread yang masuk.

Jumat 24 Nov, “Aku gak bisa nginstal game ‘Kucing Di Balik Selimut’. Ada yang bisa nulungin, gak?”, diposting oleh jamalbond_007.

Sabtu 25 Nov, “Gue dulu juga begitu. Sebelum nginstal, lo buka Device Manager, lalu lo remove mouse lo. Gimnya ngga bisa diinstal kalo ada mouse di komputer elo. Namanya juga gim kucing.”, diposting oleh gim_god.

Senin 27 Nov, “Eh, sekarang udah bisa. Thanks ya.”, diposting oleh jamalbond_007.

Nia menutup halaman website lalu membuka emailnya. Ini juga termasuk pekerjaan Nia sehari-hari, yaitu memeriksa dan menjawab email-email yang ditujukan untuk perusahaan Aransia.

Nia membaca sebuah email yang baru saja masuk, dari seorang sales perusahaan rokok. Inti dari email tersebut adalah sebagai berikut :

“Kami menawarkan sponsorship untuk produk Anda, untuk spot iklan berkala dalam game yang Anda kembangkan. Selama para konsumen memainkan game Anda, setiap 15 menit sekali, akan muncul iklan produk kami selama 15 detik, yang tidak dapat dihentikan (pause) oleh pemain.

Detail selengkapnya mengenai sponsorship dapat dilihat pada lampiran.”

One thought on “Hari-hari Penuh Kegiatan (Bagian 4)

Leave a Reply

