Minding Mind

Pikiran yang timbul dalam pikiran kita dapat dibagi dalam 5 bentuk, yaitu : angin, gelembung busa, air, endapan, dan bentuk padat.
Demikian juga, keinginan yang muncul dalam diri kita dibagi pula berdasarkan 5 bentuk tersebut.

  • Keinginan yang bersifat angin, maksudnya, keinginan itu bisa muncul begitu saja, dan hilang begitu saja, dan nanti bisa muncul lagi suatu saat, sehingga tak dapat diperkirakan.
  • Keinginan yang bersifat gelembung busa, maksudnya, keinginan itu muncul sesaat, dan perlahan-lahan menghilang, lalu tak pernah muncul kembali.
  • Keinginan yang bersifat air, maksudnya keinginan itu sangat tergantung dengan tempatnya berada. Sehingga keinginan itu tak dapat bersifat tetap, selalu berubah mengikuti kondisi lingkungan sekelilingnya.
  • Keinginan bersifat endapan, maksudnya, keinginan itu mula-mula lemah, lalu makin lama makin kuat. Dan keinginan itu terus melekat melekat dalam diri kita, baik kita sadari atau tidak.
  • Keinginan bersifat solid atau padat, maksudnya, keinginan itu sangat kuat dalam diri kita, dan memberi kekuatan pada diri kita untuk meraihnya. Dan keinginan itu tidak goyah menghadapi tantangan dan rintangan yang datang menghadang.

Kesuksesan hidup seseorang tergantung dari seberapa besar keinginan berbentuk solid dalam dirinya. Makin solid keinginan-keinginan yang ada pada dirinya, makin sering ia mendapat kesuksesan. Semua bentuk nasihat-nasihat kesuksesan kehidupan bermuara pada bagaimana menumbuhkan keinginan-keinginan yang solid dalam diri kita.

Misalnya, ayat Al-Quran menjelaskan, “Sesungguhnya Allah tidak mengubah nasib suatu kaum , sampai kaum itu sendiri yang mengubahnya.”. Maksud ayat ini jelas, bahwa nasib kita sendiri tergantung pada keinginan kita sendiri.

Contoh-contoh lain sangat banyak.
Dulu waktu kecil, pernah baca bukunya Dale Carnegie. Dia mengatakan, “Orang yang paling jauh perjalanannya adalah orang yang lebih berani dan bersedia utuk melakukan lebih.”
Terus, tadi pagi baca kutipan Quotes di koran, ada kutipan dari Mahatma Gandhi. Isinya, “Kekuatan tidak berasal dari kapasitas fisik, kekuatan berasal dari keinginan yang tidak tergoyahkan.”

Lalu bagaimana menumbuhkan keinginan solid itu?
Sebuah kutipan cerita dari novel “Sweet Thursday” karangan John Steinbeck bisa dijadikan contoh. Ceritanya, seorang gadis bernama Suzy sedang dinasihati oleh induk semangnya, yang bernama Fauna. Nasihatnya begini,
“Sewaktu bangun pagi, lihatlah cermin, dan tatap diri sendiri sambil berkata, Di dunia ini cuma ada satu Suzy, Suzy itu sangat berharga, Karena itu Suzy itu penting.
Motivasi seperti itu bisa membuat keinginan seseorang menjadi keinginan yang solid dan memberi kekuatan untuk meraih keinginan itu.

Advertisements

One thought on “Minding Mind

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s